Indonesia Digolongkan dalam Priority Watchlist oleh AS

Kompas.com - 02/05/2009, 05:58 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menegaskan bahwa Indonesia tetap berkomitmen memberantas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk melindungi investor dan pelaku industri kreatif yang berbisnis di Indonesia. "Kita akan jelaskan bahwa kita punya komitmen dan minta agar kita diberi waktu untuk melaksanakan program aksi perlindungan HKI yang sudah kita buat," kata Mendag, di Jakarta, Jumat (1/5).
    
Mendag mengaku kecewa atas diturunkannya status Indonesia dari daftar "watchlist" menjadi "priority watchlist" oleh perwakilan perdagangan Amerika Serikat (USTR/United States Trade Representative)."Kita kecewa dengan berubahnya status dari ’watchlist’ ke ’priority watchlist’. Padahal, kita sudah bertahan selama dua tahun di status watchlist,"ujarnya.

Mendag mengatakan Tim Nasional pemberantasan pelanggaran HKI akan memperbaiki program kerjanya agar dapat kembali naik peringkat ke daftar "watchlist". "Kita sudah melakukan berbagai langkah di bawah Timnas HKI.  Nanti kita perbaiki lagi, kalau laporannya kurang baik diperbaiki, kalau langkah-langkahnya kurang juga akan diperbaiki,"tuturnya.
     
Menurut Mendag, pemerintah telah serius menangani berbagai pelanggaran HKI di Indonesia dengan melibatkan berbagai instansi dan departemen dalam pelaksanaannya seperti Kepolisian, Deaprtemen Hukum dan HAM, serta Departemen Perindustrian.  Sebelumnya, USTR mengumumkan beberapa negara juga yang mengalami penurunan peringkat selain Indonesia antara lain seperti China, Kanada, India, Pakistan, Rusia dan Venezuela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.