Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Digolongkan dalam Priority Watchlist oleh AS

Kompas.com - 02/05/2009, 05:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menegaskan bahwa Indonesia tetap berkomitmen memberantas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk melindungi investor dan pelaku industri kreatif yang berbisnis di Indonesia. "Kita akan jelaskan bahwa kita punya komitmen dan minta agar kita diberi waktu untuk melaksanakan program aksi perlindungan HKI yang sudah kita buat," kata Mendag, di Jakarta, Jumat (1/5).
    
Mendag mengaku kecewa atas diturunkannya status Indonesia dari daftar "watchlist" menjadi "priority watchlist" oleh perwakilan perdagangan Amerika Serikat (USTR/United States Trade Representative)."Kita kecewa dengan berubahnya status dari ’watchlist’ ke ’priority watchlist’. Padahal, kita sudah bertahan selama dua tahun di status watchlist,"ujarnya.

Mendag mengatakan Tim Nasional pemberantasan pelanggaran HKI akan memperbaiki program kerjanya agar dapat kembali naik peringkat ke daftar "watchlist". "Kita sudah melakukan berbagai langkah di bawah Timnas HKI.  Nanti kita perbaiki lagi, kalau laporannya kurang baik diperbaiki, kalau langkah-langkahnya kurang juga akan diperbaiki,"tuturnya.
     
Menurut Mendag, pemerintah telah serius menangani berbagai pelanggaran HKI di Indonesia dengan melibatkan berbagai instansi dan departemen dalam pelaksanaannya seperti Kepolisian, Deaprtemen Hukum dan HAM, serta Departemen Perindustrian.  Sebelumnya, USTR mengumumkan beberapa negara juga yang mengalami penurunan peringkat selain Indonesia antara lain seperti China, Kanada, India, Pakistan, Rusia dan Venezuela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com